Teruslah Berusaha Menambah Keimanan

Tak dapat dipungkiri, keimanan memiliki posisi yang teramat tinggi dan kedudukan yang mulia. Ia pun merupakan kewajiban tertinggi yang eksistensinya mutlak diperlukan oleh seorang hamba dalam rangka menggapai kebahagiaan hakiki. Mengapa demikian? Karena kebaikan di dunia dan akhirat selalu selaras dengan keberadaan dan sehatnya iman.

Tak heran para pendahulu kita dari kalangan salafus salih sangat memperhatikan kualitas keimanan mereka. Umar bin Khattab berujar, “kemarilah kalian, (mari) kita tambah keimanan kita!”. Sedang Abdullah bin Mas’ud mengatakan. “duduklah bersama kita untuk menambah keimanan.”. Dan dalam keseharian beliau berdo’a. Ya Alloh tambahkanlah untukku keimanan, kayakinan, dan pemahaman.

Kita talah dan mesti tahu bahwa keimanan seseorang kadangkala bertambah dan pada saat yang lain mengalami penurunan. Untuk itulah, kita mesti berupaya menjaganya agar senantiasa tak terjadi penurunan kulitas iman. Karenanya, perlu diambil tindakan-tindakan berikut agar iaman kita terjaga dan terus bertambah.

Tuntut ilmu bermanfaat

Ilmu sangat mendominasi kualitas iman seseorang, bahkan ia menjadi sebab yang sangat signifikan dalam mempengaruhi pasang surutnya keimanan.Pengertian ilmu yang bermanfaat disini adalah menguasai nash-nash (teks) daslam Al quran dan AsSunnah serta memahami makna-makna yang terkandung didalamnya. Hanya mereka yang memiliki ilmulah yang bakal takut kepada Alloh, menjalankan perintah dan menjauhi larangandan memelihara batasan-batasan yang telah ditetapkan agama ini.

Baca dan tela’ah Al qur’an

Alloh menurunkan Al quran sebagai penunjuk, penerang dan rahmat bagi hamba-hambaNya. Maka mereka yang mau mempelajari dan menelaah Al quran bakal menemukan ilmu dan pengetahuan yang dapat memperkuat sendi-sendi keimanan dan menjaganya, yang tak dapat ditemui diselain kitabulloh.

Mengetahui nama-nama dan sifat Alloh

Pengetahuan hamba bahwa Alloh memiliki kesempurnaan yang tak berpenghujung mengharuskan dia untuk selalu mencintai-Nya secara khusus dengan peribadahannya. Dengan demikian, semua peribadahan hamba akan selalu bermuara pada konsekuensi nama-nama dan sifat Alloh.

Mempelajari biografi (sejarah) Nabi

Ketika kita mau membaca dan mempelajari biografi Rasululloh, tentulah disitu akan kita dapati faedah dan manfaat yang begitu besar yang akan menambah kuatnya iman.

Pelajari biografi Salafusshalih

Kita juga mesti menilik dan mempelajari sejarah para penerus perjuangan sahabat dari kalangan tabi’in, tabiut tabi’in dan aimmatul huda (para imam yang mendapat petunjuk) dalam menegakkan agama ini. Dengan begitu akan tumbuh dalam diri keinginan kuat untuk senantiasa berbuat baik dan taqwa.

Perhatikan yang ada

Memperhatikan tanda-tanda kekuasaan Alloh yang ada (ayat-ayat kauniyah) menjadi poin penting yang menunjang kuat lemahnya iman seseorang. Lihat Quran surat Al Furqan :61-62.

Giat dalam kebaikan

Amal shalih dan bebagai ketaatan ikut menjadi kunci dalam mengembangkan dan menyuburkan iman.Makanya setiap amalan yang dilakukan hamba yang selaras dengan syariatNya dengan diiringi niat ikhlas dan mengikuti Rasululloh menjadikan keimanan bertambah.

************

Sumber : Majalah Elfata ediasi 02 Volume 06/2005.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: